Dampak Corona terhadap Usaha Konveksi, termasuk Greaclogo

Setelah bertahun-tahun membangun bisnis konveksi, tahun ini merupakan tahun paling berat. Pandemi berpengaruh banyak ke semua lini bisnis di dunia, tidak terkecuali industri konveksi. Hal ini berpengaruh besar juga ke bisnis Greaclogo.

Workshop Produksi Greaclogo di Baleendah

Jumlah Orderan Menurun

Sejak Maret sampai April, jumlah orderan menurun sangat drastis. Dampaknya tim produksi kami tidak ada pekerjaan, dan pemasukan tidak sanggup menutupi biaya operasional sehari-hari. Akibatnya beberapa karyawan terpaksa dirumahkan. Padahal bulan-bulan menuju Lebaran seharusnya menjadi momen terpadat industri konveksi.

Banting setir : produksi Masker

Kondisi tersebut harus memaksa kami memutar otak untuk mempertahankan bisnis berjalan. Untungnya ada pesanan masker. Orderan masker meskipun jumlahnya cukup banyak, namun tidak terlalu signifikan membantu pemasukan, karena memang semua konveksi beramai-ramai membuat masker. Permintaan banyak, namun produsennya juga banyak. Sehingga terjadi perang harga di pasaran. Selain itu produksi masker ternyata tidak semudah yang dibayangkan, tim produksi kami butuh beberapa penyesuaian untuk teknis produksinya.



Untungnya unit bisnis kami yang lain (LOKAFI) masih bisa beroperasi, walaupun tim produksi harus masuk secara bergantian, dikarenakan jumlah orderan juga menurun. Hampir semua konveksi di Bandung terutama kena imbasnya.

Tim Produksi Lokafi

Fase memindahkan tempat produksi dari Baleendah ke Cisaranten

Kebetulan tempat produksi kami di Baleendah sudah habis masa sewanya, dan kami tadinya berencana memindahkan tempat produksi ke Cisaranten, supaya lebih dekat dengan kantor kami di Antapani. Namun berhubung masa pandemi ini, jadinya kami terpaksa menambah masa sewa kami di Baleendah, padahal kami sudah mulai sewa di Cisaranten. Akibatnya kami terpaksa merelakan beberapa mesin jahit kami untuk mengganti biaya perpanjangan sewa di tempat tersebut.

Tempat Produksi Baru di Cisaranten


Terpaksa merumahkan sebagian pegawai

Kondisi yang semakin sulit memaksa kami merumahkan sebagian pegawai. Hal ini sangat berat untuk dilakukan, namun situasi seakan memaksa kami untuk mengambil keputusan tersebut. Berharap keadaan semakin membaik dan normal kembali. Dengan sisa tim yang ada kami akan terus berjuang memperbaiki kondisi ini.

Pelajaran penting & siasat untuk bertahan

Sebelumnya kami meminta maaf jika ada customer kami yang orderannya terkendala. Berharap bisa saling mengerti situasi yang terjadi. Tidak mudah bagi kami untuk menghadapinya, namun kami percaya kami bisa menemukan jalan terbaik untuk kami bisa bertahan. Mudah-mudahan dengan kondisi ini kami bisa terus sigap dan memperbaiki sistem pekerjaan kami di Greaclogo. Kami akan terus berusaha menyelesaikan tanggung jawab kami dengan sebaik-baiknya. 🙏🙏🙏

Banyak pelajaran yang kami dapatkan, dan kami berkomitmen untuk terus memperbaiki pelayanan kami. Saat ini kami sedang berusaha menyusun kembali strategi kami, baik dalam segi pelayanan maupun produksi. Semoga dalam momen new normal kami bisa kembali melayani anda dalam performa terbaik. Jika ada masukan jangan ragu untuk menyampaikannya kembali.

Mudah-mudahan para pelanggan tetap mempercayakan kebutuhan pembuatan pakaiannya ke Greaclogo. Amin

Pesan untuk sesama Pengusaha

Saat ini mungkin terasa sulit bagi semua orang. Tapi kami percaya akan adanya Pelangi sehabis Hujan. Mari tetap semangat dan berjuang, walaupun keadaannya sulit, yakinlah kita bisa melewatinya. Tingkatkan terus kualitas kita dan pantang menyerah.



Akhir kata, mari kita semua bangkit, tetap berpikiran positif dan percaya pada Sang Kuasa yang berperan besar di kehidupan kita. Tetap bersyukur dan bersukacita.

Dia ga pernah meninggalkan orang-orang yang percaya pada-Nya😃👍👍👍👍👍


No comments:

Post a Comment