BTSxMcDonalds - Pentingnya berkolaborasi


Masih ingat kehebohan BTS Meal beberapa waktu lalu yang ramai jadi perbincangan? 

Tahukah kamu, kerja sama antara restoran siap saji McDonald’s dan grup K-Pop asal korea selatan, BTS ini selain disambut antusias oleh para penggemarnya yang dikenal dengan sebutan Army, juga membawa dampak yang sangat besar, lho.

Mulai dari keuntungan hasil penjualan paket kolaborasi yang diproyeksi hingga miliaran rupiah, maraknya penjualan kemasan BTS Meal di marketplace, dan pengumpulan dana yang dilakukan Army dengan kampanye ‘Army bantu Ojol’ hingga terkumpul dana ratusan juta rupiah.

Fenomena ini hanya satu dari sekian banyak kolaborasi keren brand-brand besar dan berdampak luas. Di era yang serba cepat dan berkembang ini, kita tentunya dituntut untuk terus berkembang dan berinovasi. Namun, itu sulit dilakukan jika kita tidak membuka diri dan berkolaborasi dengan orang lain.

Mengapa kolaborasi penting?

Ini dia manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan berkolaborasi :


1. Memecahkan masalah

Berkolaborasi akan memunculkan ide-ide baru yang bisa menghasilkan solusi dalam menyelesaikan masalah. Contohnya Gojek dan Tokopedia, dua brand besar ini siap menghadirkan solusi dan memberi semakin banyak kemudahan bagi para penggunanya.


2. Membantumu keluar dari zona nyaman

Belajar dari brand besar Indomie dengan produk mie instannya yang sudah merajai pasar Indonesia, brand ini keluar dari zona nyamannya yaitu produk kuliner dan berkolaborasi dengan brand fashion terkenal, The Goods Depth. Kolaborasi ini menghasilkan koleksi fashion yang unik dan menarik perhatian.







3. Belajar komitmen

Bukan hanya 2-3 pihak saja, kolaborasi pun bisa dilakukan dengan 8 produk sekaligus. Ini dilakukan KFC Naughty by Nature yang menggandeng 8 brand lokal. Dari Kolaborasi kreatif mereka kita belajar komitmen untuk konsisten berkarya dan terhindar dari wacana tanpa realisasi


4. Membawa perubahan positif dan inovasi

Chitato X Indomie adalah hasil kolaborasi dua perusahaan makanan yang bertolak belakang dan terbilang sukses. Inovasi produk mereka mampu menggugah rasa penasaran konsumen untuk mencoba rasa Indomie goreng yang ada di Chitato







5. Beban kerja bisa terbagi sesuai kemampuan

Aransemen garapan Ronald Steven menyajikan "Sayang" dengan nuansa modern dan classy tanpa harus menghilangkan identitas musik dangdut. 

Kemasan baru lagu "Sayang" yang dibawakan Via Vallen bersama Boy William dinilai istimewa, elegan dan berkelas.




6. Kamu tidak bisa mengerjakan semuanya sendirian

Seperti sepasang sandal yang tidak bisa melangkah sendirian, kita akan selalu butuh orang-orang yang tepat untuk maju bersama dan saling bersinergi. Kolaborasi Fila dan Chupa Chups dengan jelas menunjukkan hal tersebut.

7. Kolaborasi itu menyenangkan

Bayangkan kamu bertemu orang baru, menemukan ide-ide hebat, terlibat dalam percakapan seru dan menghasilkan karya yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Contohnya Coca Cola X The Face Shop merilis koleksi makeup kit yang segar dan menarik perhatian.







8. Brand-brand besar pun berkolaborasi, menciptakan sesuatu yang luar biasa dan lebih bernilai

Masih ingat Oreo berwarna merah yang dijual dengan harga selangit? Kolaborasi Oreo X Supreme ini menghasilkan produk yang super limited, dengan daya jual tinggi, dan meledak di pasaran.










9. Kolaborasi tidak terhalang Jarak








Berawal dari tahun 2013, dua founder kami Bang Roy @royhermans_ dan Bang Nando @nandorang melakukan kolaborasi sehingga Greaclogo bisa seperti sekarang. Berada di kota berbeda tidak menjadi penghalang keduanya untuk terus berkolaborasi dan berkarya bersama.






Jadi kamu kapan mau kolabs sama Greaclogo?

No comments:

Post a Comment