X

Di like dulu donk :)

Minta Harga Teman, Wajar Nggak sih?


Bagi kamu yang menjalankan usaha, mungkin sudah tidak asing dengan istilah ‘harga teman’. Kebiasaan satu ini seringkali disalahartikan sebagian orang. Ada yang merasa karena hubungan dekat membuat mereka bebas menawar, meminta harga khusus bahkan produk gratisan. 

Namun, hal ini bisa berakibat buruk dan merugikan usaha teman kita sendiri. Komika, Pandji Pragiwaksono juga pernah membahas fenomena ini di akun youtube pribadinya. Menurutnya, jika diminta harga teman, seharusnya harga yang dipatok lebih tinggi dari biasa. Setuju, nggak? Yuk, simak ulasannya..


1. Kerabat dekat justru yang paling tahu proses di balik usaha yang dijalani

Apa pun bisnis yang teman kita jalani, baik itu kuliner, fashion, seni atau jasa, semuanya pasti dijalani dengan usaha. Kita yang paling tahu proses di baliknya, jadi sudah sewajarnya ‘harga teman’ adalah memberi harga lebih tinggi daripada orang lain.


2. Teman yang baik seharusnya memberi dukungan

Saat menentukan harga, teman kita sedang memberikan nilai atas usaha yang dikeluarkan. Sebagai teman yang baik, kita dapat memberi dukungan dengan membayar harga yang pantas. Alih-alih menawar dan meminta diskon, kita justru bisa memberi harga lebih sebagai bentuk dukungan pada kerja keras yang teman kita lakukan.


3. Belajar menghargai karya dengan nilai yang pantas

Sebuah lukisan nilainya bukan hanya dari warna-warni di atas kanvas. Ada biaya listrik dan internet selama melukis, makan-minum-ngopi untuk mencari inspirasi, dan biaya riset. Dengan membayar harga yang sesuai kita juga jadi belajar menghargai sebuah karya.


4. Jangan sampai merusak hubungan pertemanan

Namanya bisnis memang lebih baik jangan dicampuradukkan dengan hubungan pertemanan. Jangan sampai hanya karena meminta ‘harga teman’ yang tidak seberapa, justru membuat hubungan pertemanan rusak.


5. Bisa jadi teman kita sudah memberikan ‘harga teman’ sebelum diminta

Pada dasarnya kita nggak tahu berapa besar keuntungan yang dipatok teman kita. Ketika membeli, bisa saja dia sudah memberi ‘harga teman’ dengan mengambil untung sedikit. Tentunya kita nggak perlu menawar atau minta harga khusus lagi, kan?


6. Risiko bisnis gulung tikar

Satu orang yang meminta harga miring mungkin tidak akan terlalu berpengaruh. Namun, bayangkan jika banyak yang berperilaku seperti itu. Bukan tidak mungkin ini akan merugikan bisnis teman kita sendiri.


7. Bisnis yang dijalani bukan hanya milik pribadi

Sebelum meminta ‘harga teman’ kita harus ingat juga mungkin usaha yang dijalani bukan hanya milik teman kita sendiri. Ada rekan lain yang belum tentu kenal dengan kita, ada karyawan, dan pihak-pihak lain yang terkait.


8. Ikut bangga dengan kesuksesan teman kita

Jika teman kita berhasil dengan usahanya, tentunya kita pun ikut bangga. Teman yang baik tentunya akan saling mendukung agar bisa maju sama-sama

Yuk, mention temanmu yang sedang merintis usaha di kolom komen, beri dukungan dan semangat sama mereka, ya.

#hargateman #mikroblog #ceritaumkm #brandlokal #dukungproduklokal

No comments:

Post a Comment