Ciri Khas Orang Batak Berdasarkan Film Ngeri-Ngeri Sedap



Satu lagi film bergenre drama keluarga berjudul ‘Ngeri Ngeri Sedap’ hadir menghibur penonton bioskop tanah air. Selamat kepada @bene_dion @dipaaa @gita_bhebhita @silolox @borisbokir_ @indrajegel @botikapanggabean @arswendy_beningswara @ernestprakasa dan segenap tim @ngeringerisedapmovie sudah mencapai satu juta penonton dalam sebelas hari penayangan. Bravo!!

Film garapan Bene Dion Rajagukguk yang mengangkat tema keluarga suku Batak ini dibintangi deretan aktor berdarah Batak dan menonjolkan atmosfer kampung Sumatera Utara yang kental. Ditambah magisnya lagu Batak aransemen Viky Sianipar berpadu dengan keindahan Danau Toba tentunya semakin menambah daya tarik film ini.

Bagi orang Batak, film ini pasti terasa dekat, tapi non Batak pun tetap bisa menikmati karena konfliknya yang bisa dialami siapa saja. Minimal kita punya satu teman Batak yang membuat kita mengiyakan keunikan orang Batak yang tersaji di film ini. 

Apa saja keunikan suku Batak yang bikin kamu ngangguk-ngangguk sepanjang film dan mengakui ‘ini nih Batak banget’?

Yuk simak ulasannya (Ssstt..nomor 8 akan membuatmu tarsonggot alias tercengang)

#reviewfilm #NgeriNgeriSedap #ceritabatak #danautoba #exploresumatera #adatbatak


1. Orang Batak wajib punya kerjaan jelas, misalnya PNS, jaksa, atau hakim

Itu sebab Pak Domu di film ini nggak suka dengan kerjaan Gabe sebagai pelawak. Punya kerjaan kantoran yang jelas adalah sebuah kebanggaan di keluarga Batak

2. Sulitnya pernikahan beda suku atau beda agama

Orang Batak diharapkan menikah dengan sesama Batak, tujuannya untuk memelihara adat dan menjaga keluarga.

3. Merantau dan sekolah setinggi mungkin

Sesulit apa pun kondisi ekonomi keluarga, orang tua suku Batak biasanya berjuang sedemikian rupa supaya anak-anaknya bisa sekolah tinggi dan rela ditinggal merantau

4. Anak laki-laki terakhir yang merawat orang tua

Karena budaya merantau, jadi secara adat ada aturan anak laki-laki terakhirlah yang wajib kembali dan merawat orang tua.

5. Tidak ada kata cerai di kamus keluarga Batak

Jika ada masalah dalam keluarga, seluruh keluarga Batak pasti turun tangan dan sangat menentang perceraian

6. Bungkus makanan dari undangan/ acara perkumpulan Batak

Pernah datang ke nikahan Batak? Pasti kamu pernah melihat ibu-bu yang sibuk bungkus-bungkus sisa makanan. Ini adalah bentuk kepedulian untuk keluarga di rumah yang saat itu tidak hadir

7. Senang berkumpul

Bukan rahasia lagi orang-orang Batak senang berkumpul, makan dan tertawa bersama. Ada juga sebutan arisan Batak yang rutin dilakukan untuk tetap menjaga hubungan kekerabatan

8. Bangga dengan marganya

Dalam perkumpulan orang Batak, menunjukkan identitas marga adalah sebuah kebanggaan, terutama marga dari Opung mereka.Salah satu bentuknya dengan memakai kaos keluarga, seperti keluarga Opung ni si Kenzi Sitanggang yang memesan kaos keluarga ke Greaclogo dan menunjukkan kekompakkan mereka.

9. Jadi kebiasaan unik orang Batak apalagi yang berkesan untukmu?

Yuk share di kolom komen dan mention teman-temanmu, ajakin nonton film Ngeri-Ngeri Sedap yang masih tayang di seluruh bioskop tanah air. Buruan beli tiketnya dan kita main ke Danau Toba bareng!

No comments:

Post a Comment