Fakta Jujur NTT yang kamu perlu tahu


Tes kejujuran NTT sedang jadi trending topic setelah konten yang dibuat oleh seorang TikToker, Richard Theodore menjadi viral. Ulahnya itu menuai banyak kritik hingga memaksanya mengunggah permohonan maaf. 

Nah, kebetulan customer Greaclogo dari NTT cukup banyak, lho.
Jadi penasaran, hal jujur apa yang jarang orang tahu tentang NTT.

Apa saja? Yuk ikuti ulasannya :

1. Memiliki pulau terindah di dunia


Nusa Tenggara Timur (NTT) terdiri dari sejumlah pulau yang menakjubkan. Bahkan salah satunya masuk dalam jajaran pulau terindah di dunia versi CNN, yaitu Pulau Komodo.

2. Satu-satunya gurun di Indonesia ada di sini




Selain pantai, gunung, dan surga bawah lautnya yang terkenal, NTT juga punya gurun pasir. Pantai Oetune di Timor Tengah Selatan memiliki padang pasir terluas sehingga sering dijuluki ‘saharanya’ Indonesia.

3. Multietnis dan multikultur



Satu pulau bisa terdiri dari beragam suku, adat istiadat dan bahasa, bahkan hanya berbatasan pagar rumah tapi sudah masuk wilayah lain bisa memiliki bahasa dan dialek berbeda. Unik, ya..

4. Maumere yang melintas budaya


Siapa yang tidak asing dengan goyang Maumere? Saking populernya tarian yang berasal dari Maumere, Flores ini hampir selalu dimainkan di acara pesta Batak, reuni, dan perkumpulan lainnya.

5. Bertoleransi tinggi


Dengan beragam agama dan kepercayaan yang ada di NTT, satu hal yang patut diacungi jempol karena provinsi ini masuk ke dalam provinsi dengan nilai toleransi tertinggi.

6. Komodo


Pulau Komodo, Rinca, Gili di wilayah Taman Nasional Komodo merupakan habitat komodo, spesies kadal terbesar di dunia. Wilayah ini dikukuhkan menjadi situs warisan dunia UNESCO.

7. Tenun ikat


Selain menjadi oleh-oleh khas NTT, tenun ikat juga merupakan warisan budaya karena dibuat dengan teknik tenun yang khas dan memiliki makna berbeda di setiap motifnya.

8. Kopi Bajawa yang mendunia


Mengantongi penghargaan internasional dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri, kopi bajawa juga menjadi nama cafe yang mengusung konsep unik. Cafe Bajawa sudah tersebar di beberapa daerah dan menjadi viral di kalangan anak muda.

9. Beragam talenta dan prestasi


Sebut saja Marion Jola, Jeremy Teti, Andmesh, Andovi dan Jovial da Lopez, mereka adalah deretan selebriti yang berasal dari NTT dan tentunya bangga menjadi orang NTT.

Fakta jujur NTT apalagi yang jarang orang tahu, ya? 
Yuk share di kolom komen

No comments:

Post a Comment